Friday 23 December 2016

Makalah Tadabbur Al-Quran


MAKALAH

TADABBUR QUR’AN



 Disusun Oleh:
Hadi Priadi
NIM. 1001210376



  
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BANJARMASIN
2013


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Hendaklah setiap Muslim memikirkan dan memahami Al-Qur’an untuk menemukan dan membuka rahasia-rahasianya. Dibalik ayat-ayat Al-Qur’an tersebut terdapat makna yang terpendam oleh orang-orang yang memikirkan, merenungkan dan mempunyai keyakinan. Imam Ali pernah mengisyaratkan, “Tidak pernah Rasulullah Saw merahasiakan sesuatu kepadaku yang disembunyikannya kepada manusia kecuali Allah ‘Azza wa Jalla memberikaN kepada seseorang hamba pemahamn dalam kitabNya.” Atas dasar itu, setiap muslim hendaknya bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pemahaman tersebut.
Abdullah bin Mas’ud ra. Berkata, “Siapa yang ingin mengetahui ilmu orang-orang dahulu dan ilmu  orang-orang terkemudian, hendaknya ia memahami atau mentadabburi Al-Qur’an. Sedangkan ilmu-ilmu Al-Qur’an yang paling Agung ada di balik asma-asma Allah dan sfat-sifatNya. Kebanyakan makhluk tidak mengetahui ilmu-ilmu tersebut kecuali beberapa hal yang cocok dengan kemampuan pemahaman mereka. Kebanyakan mereka tidak mampu mengetahui makna-maknanya yang paling dalam.”
B.  Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan tadabbur Al-Qur’an?
2.    Apakah ada anjuran untuk mentadabburi Al-Qur’an?
3.    Apa saja keutamaan tadabbur Al-Qur’an?
4.    Apa tujuan mentadabburi Al-Qur’an?
5.    Apa urgensi tadabbur Al-Qur’an?
6.    Apa saja tanda-tanda tadabbur Al-Qur’an?



BAB II
TADABBUR ALQUR’AN

A.    Pengertian Tadabbur Al-Qur’an
Kitab “Hidayat al-Azkiya Ila Thariq al-Auliya”, karya Zainuddin bin Ali, yang disyarahkan oleh Sayyid Abu Bakar dalam kitabnya “Kifayat al-Atqiya” bahwa diantara obat jiwa itu adalah, “تلاوة بتدبر المعنى " maksudnya membaca Al-Qur’an dengan memikirkan maknanya. Tadabbur artinya: memikirkan, memahami, mempertimbangkan, merenung, memperhatikan dan seterusnya.[1]
Menurut Asy-Syaikh Sholeh Fauzan, tadabbur adalah:
أَنْ  نَتَفَكَّرَ فِي مَعَانِيْهَا وَ مَدْلُوْلاَتِهَا وَ أَسْرَارِهَا وَ أَخْبَارِهَا حَتَّى نَسْتَفِيْدَ مِنْهَا الْهِدَايَةَ وَنَسْتَفِيْدَ مِنْهَا خَشْيَةَ اللهِ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى وَعِبَادَتَهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَنَعْرِفَ مَا نَأْتِي وَمَا نَتْرُكَ مِنَ اْلأَعْمَالِ وَ اْلأَقْوَالِ وَ الْمُعَامَلاَتِ وَغَيْرَ ذَلِكَ
Artinya:
Kita memikirkan makna ayat-ayat Al-Qu’ran, apa yang ditunjukkannya, rahasia serta berita yang terdapat dari ayat-ayat tersebut, sehingga kita dapat mendapatkan manfaat berupa hidayah, rasa takut kepada Allah, dan ibadah kepada Nya, dan kita tahu apa yang harus kita lakukan dan apa yang kita tinggalkan dari perbuatan, perkataan, interaksi sosial, dan yang lainnya.
Para ulama kontemporer, mereka berpendapat tadabbur adalah:
 التَّفَكُّرُ بِاسْتِخْدَامِ وَسَائِلِ التَّفْكِيْرِ وَ التَّسَاؤُلِ الْمَنْطِقِي لِلْوُصُوْلِ إِلَى مَعَانٍ جَدِيْدَةٍ ، يَحْتَمِلُهَا النَّصُّ الْقُرْآنِي وَفْقَ قَوَاعِدِ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ ، وَ رَبْطَ الْجُمَلِ الْقُرْآنِيَّةِ بِبِعْضِهَا ، وَ رَبْطَ السُّوَرِ الْقُرْآنِيَّةِ بِبَعْضِهَا ، وَ إِضْفَاءَ تَسَاؤُلاَتٍ مُخْتَلِفَةٍ حَوْلَ هَذَا الرَّبْطِ

Artinya:
Berfikir dengan menggunakan seluruh kemampuan akal dan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang logis untuk mencapai pengertian yang baru, yang terkandung dalam nash Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab, baik yang menghubungkan antara kalimat-kalimat di dalam Al-Qur’an, maupun yang menghubungkan antara surat-surat di dalam Al-Qur’an.[2]
Memahami Al-Qur’an adalah memahami hingga jelas makna yang dikandung oleh setiap ayat. Sebab, ayat-ayat Al-Qur’an mengandung penyebutan sifat-sifat Allah Yang Maha Perkasa san Maha Agung, perbuatan-perbuatanNya, dan menyebutkan karakteristik dan keadaan para nabi, disamping menyebutkan karakteristik dan keadaan orang-orang yang mendustakan para nabi itu dihacurkan. Al-Qur’an juga mengungkapkan perintah  Allah danlaranganNya, disamping menyebutkan surga dan neraka. (Lihat Ihya ‘Ulum Ad-Din) karangan Imam Al-Ghazali).[3]
B.     Anjuran Untuk Mentadabburi Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an dengan tadabbur disuruh dan dianjurkan oleh Allah. Ada ayat yang berbicara tentang tadabbur, yaitu surah An-Nisa ayat 82. Artinyya: “Apakah mereka tidak memperhatikan (isi) Al-Qur’an?” “Kalau kiranya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapatkan pertentangan yang banyak di dalamnya.”
Di dalam surah Muhammad ayat 24, kalimat yang sama berbunyi"أفلا يتدبرون القرآن" ditambah "أم على قلوب أقفالها" , sehingga terjemah lengkapnya berbunyi: “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur’an ataukah hati mereka terkunci?”.
Barangkali inilah yang menimpa kita. Kita membaca Al-Qur’an namun hati kita masih terkunci. Kita belum berusaha memahami Al-Qur’an. Banyak Al-Qur’an dibaca untuk kita nikmati kemerduan suara dan lagu qari/qari’ahnya, memang tidak salah. Banyak Al-Qur’an dibaca untuk berbangga hati sekian kali khatam (tamat), memang tidak keliru. Banyak Al-Qur’an dibaca pada saat family atau warga meninggal untuk dihadiahkan pahalanya kepada si mayyit. Terjadilah perbedaan pendapat yang tajam; yang satu menyampaikan pahalanya sampai, yang lain mengatakan itu sia-sia. Banyak Al-Qur’an dibaca untuk menolak gangguan makhluk halus, penangkal setan, ini memang ada diriwayatkan bahwa setan dan yang sebangsanya menjauh bila dibacakan ayat-ayat Allah. Ada Al-Qur’an dibaca untuk pembuka rezeki, penerang nantinya di alam kubur….., ini benar-benar saja; tapi dikehendaki lebih dari itu, yang dimaksud adalah تدبّر المعنى , merenungi kandungannya, sehingga Al-Qur’an dapat menjadi “hudan” (petunjuk) dalam kehidupan.
Memahami Al-Qur’an ialah dengan mengerti bahasa Al-Qur’an, yaitu bahasa Arab. Kendati tidak semua muslim mampu belajar bahasa Arab, namun dalam memahami Al-Qur’an bisa terbantu dengan terjemahnya. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita tidak mengerti bahasa Arab agar memiliki Terjemah Al-Qur’an. Kitab terjemah Al-Quran sudah banyak dicetak seperti yang dibuat oleh Departemen Agama RI, disamping itu Terjemah lainnya seperti oleh Mahmud Yunus, Oemar Bakry atau Terjemah Al-Qur’an secara lafzhiyah yang disusun tim penyusun terbitan AlHikmah Jakarta, atau lainnya. Al-Qur’an pun selalu mengetuk jiwa kita, baca surah Shaad ayat 29 yang artinya:
“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”[4]
Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran, ataukah hati mereka terkunci? (QS. Muhammad 47:24)
Allah swt berfirman seraya memerintahkan untuk memikirkan dan memhami Al-Qur’an serta melarang berpaling darinya, di mana Dia berfirman:
أَفَلاَ يَتَدَبَّرُوْ،َ الْقُرْءَانَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَآ)) “Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran, ataukah hati mereka terkunci?” Maksudnya, bahkan hati mereka dalam keadaan terkunci mati, tidak ada sesuatu pun dari makna Al-Qur’an itu yang dapat menembusnya. Ibnu Jarir meriwayatkan, Basyar memberitahu kami, Hammad bin Zaid memberitahu kami, Hisyam bin ‘Urwah memberitahu kami, dari ayahnya, ia bercerita: “Pada suatu hari, Rasulullah saw pernah membacakan ayat:
أَفَلاَ يَتَدَبَّرُوْ،َ الْقُرْءَانَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَآ)) “Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran, ataukah hati mereka terkunci?” Maka ada seorang pemuda dari penduduk Yaman berkata: ‘Justru hati-hati itu telah tertutup sehingga Allah membuka dan menyingkapnya.’ Maka, anak muda tersebut masih tetap teringat dalam hati ‘Umar hingga ia menjadi khalifah, maka ia pun memohon bantuannya.” [5]
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau  seandainya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapati dI dalamnya pertentangan yang banyak.”
            Karena sikap orang-orang munafik yang mengatur siasat busuk dan merahasiakan sesuatu terhadap Nabi saw, lahir dari dugaan sebagian mereka bahwa beliau hanyalah seorang pemimpin, bukan Rasul yang mendapatkan informasi langsung dari Allah swt, termasuk sekian banyak dari rahasia, maka ayat ini mengemukakan dalil yang menunjukkan betapa beliau mendapat wahyu, dan bahwa informasi wahyu selalu benar dan konsisten, tidak berubah-ubah. Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur’an? Sungguh banyak informasi Allah di dalamnya, sungguh indah susunannya, sungguh tepat bimbingannya dan sungguh benar rahasia-.rahasia yang diungkapnya. Kalau seandainya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, sebagaimana diduga oleh orang-orang kafir, tentulah mereka mendapati di dalamnya pertentangan. Pertentangan itu sifatnya banyak, sebagaimana halnya karya selain Allah swt. Tetapi karena faktor-faktor yang mengakibatkan perbedaan itu tidak menyentuh Allah swt, dank arena Al-Qur’an bersumber dari Allah, maka janganlah pertentangan yang banyak, satu pertentangan pun tidak akan ditemukan.
            Kata( يتدبرون) memperhatikan terambil dari kata dabara yang berarti belakang atau sesudah, dari sini juga lahir kata dubur yang berarti pantat. Sementara ulama memahami kata ini dalam arti “berfikir tentang akhir atau kesudahan sesuatu”. Ada juga yang memahaminya dalam arti “berfikir tentang sesuatu setelah sesuatu yang lain”. Sehingga ayat ini berarti perintah memperhatikan satu ayat Al-Qur’an sesudah ayat yang lain, atau perintah “memperhatikan setelah sebelumnya telah memperhatikan”. Ini untuk membuktikan kebenaran Al-Qur’an.
            Perintah bertadabbur ini menunjukkan betapa Al-Qur’an menantang siapapun, dan betapa Nabi Muhammad saw, yang diperintahkan untuk menyampaikan perintah ini begitu percaya diri dan percaya akan kebenaran Al-Qur’an. Karena, ketika seseorang memerintahkan orang lain untuk memperhatikan, maka perintah tersebut perintah menggunakan seluruh potensinya untuk menemukan kebenaran. Jika anda tidak percaya akan kebenaran sesuatu, anda tidak akan menutup-nutupinya dan tidak akan memaparkannya, lalu memerintahkan orang lain untuk memperhatikannya, membandingkannya dengan yang lain, serta mengulangi perhatian itu berkali-kali.
            Perintah bertadabbur/memperhatikan ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan Al-Qur’an, baik redaksi maupun kandungannya, petunjuk maupun mukjizatnya. Salah satu di antara sekian banyak yang diperintah untuk diperhatika adalah tidak adanya pertentangan di dalamnya.
            Perintah ini adalah anjuran untuk mengamati setiap ketetapan hukum yang ditetapkannya, kisah yang dipaparkannya, nasehat yang disampaikannya, dan lain-lain, yang turun dalam berbagai tempat; di Mekkah, Madinah, atau di tempat lain; malam atau siang, dalam perjalanan Nabi atau di tempat beliau saat perang atau damai, saat sedih atau senang. Semua silahkan diamati dan dibandingkan satu dengan yang lain. Pasti pada akhirnya tidak ditemukan pertentangan, bahkan semua saling mendukung, yang satu menafsirkan yang lain. Tidak juga ada perbedaan dari segi nilai sastranya, semua sama. “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karnanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah” (QS. Az-Zumar 39:23).
Kesamaan ayat-ayatnya dari segi mutu dan tiadanya pertentangan antara satu ayat dengan ayat yang lain adalah buki bahwa Al-Qur’an bukanlah ciptaan manusia, karena kalau karya manusia, pastilah banyak perbedaannya. Batapa tidak banyak. Padahal manusia berubah perasaan dan kemampuannya, dapat bertambah dan dapat berkurang ilmunya, berubah situasi dan kondisi yang dihadapinya, sehingga bisa saja hasil karyanya yang lain atau yang datang sesudahnya. Demikian aneka factor yang dapat menjadikan karya manusia memiliki banyak perbedaan. Karena itu ayat ini bermakna; kalau seandainya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapatdi dalamnya pertentangan. Pertentangan itu sifatnya banyak sebagaimana halnya karya makhluk.
Harus dipisahkan antara apa yang dinamai perbuatan dengan apa yang dinamai pertentangan. Sesuatu yang berbeda belum tentu bertentangan. Jika anda berkata, “si A datang”, dan di lain berkata, “si A tidak datang”, maka ini tidak bertentangan, jika waktu kedatangannya, atau yang anda maksud dengan si A pada kedua berita ini, atau cara kedatangannya, atau kondisisnya, tidak sama. Dalam Al-Qur’an ditemukan hal-hal yang berbeda, misalnya ada perintah bersabar dan larangan berperang, yakni pada saat kondisi ummat Islam masih lemah, da nada juga perintah berperang, yakni pada saat kondisi telah memungkinkan. Kedua perintah tersebut berbeda tetapi tidak bertentangan.
Ada juga yang memahami kata ikhtilaf ukan dalam arti pertentangan dalam kandungan dan informasi Al-Qur’an satu dengan yang lain, tetapi dalam arti pertentangan dan perbedaan antara informasinya dengan keadaan dan kondisi mereka, yakni bahwa informasi-informasi Al-Qur’an menyangkut keadaan, bahkan rahasia mereka, tidak bertentangan dengan keadaan mereka yang sebenarnya, dan tentu mereka dapat membuktikan sendiri kebenaran hal ini.
Dari ayat ini dipahami bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang dapat dimengarti dengan baik oleh mereka yang mempelajari dan memperhatikannya, dan bahwa ayat-ayat Al-Qur’an saling tafsir menafsirkan dan dukung mendukung, tidak ada satupun ayat yang perlu direvisi, disempurnakan, apalagi dibatalkan, dan dengan demikian ajaran-ajarannya bersifat langgeng dan abadi.[6]
C.    Keutamaan Tadabbur
1.      Abu Dzar menceritakan bahwasanya Rasulullah Saw berkata kepadanya, Wahai Abu Dzar, sungguh keberadaanmu di waktu pagi mempelajari satu ayat dari Al-Qur’an adalah lebih baik bagimu dari pada engkau shalat seratus rakaat.
2.      Buraidah meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw besabda, Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajari, dan mengamalkan isinya, maka pada hari kiamat kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota dari cahaya yang sinarnya menyerupai sinar matahari. Dan akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya dua pakaian yang tidak bisa ditampung oleh dunia.  Kedua orang tuanya lalu bertanya, “Apa sebab kami diberi  pakaian ini?” Maka dijawab, “Berkat anak kalian yang membaca Al-Qur’an.” (HR. Hakim).
3.      Ali bin Abi Thalib meriwayatkan bahwa, Rasullullah Saw bersabda, Siapa yang membaca Al-Qur’an lalu mempraktikkannya, menghalalkan apa yang dihalalkan Al-qur’an dan mengharamkan apa yang diharamkan Al-Qur’an, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan orang itu bisa mensyafaati sepuluh orang keluarganya yang (sebenarnya) semuanya wajib masuk neraka.(HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)
4.      Bacalah Al-Qur’an sekira bisa mencegahmu (dari perbuatan munkar). Apabila tidak mencegahmu, berarti engkau tidak membacanya.
(HR. Muslim)
5.      Anas meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Allah SWT memiliki dua ahli keluarga dan golongan manusia.” Dikatakan, “Siapakah mereka wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Ahli Al-Qur’an a
6.      dalah ahli Allah dan pilihanNya.” Dalam hadis yang lain dikatakan, Allah tidak akan menyiksa hati yang memahami Al-Qur’an. (HR. Tirmidzi)[7]
D.    Tujuan Tadabbur
Tujuan diturunkannya Al-Qur’an bukan sebagai bacaan saja, akan tetapi supaya Al-Qur’an ini menjadi pedoman di dalam beramal serta sebagai petunjuk jalan yang harus ditempuh. Hal yang demikian ini hanya didapatkan ketika tadabbur Al-Qur’an dilakukan. Orang yang mentadabburi Al-Qur’an, maka dia akan mendapatkan pendorong dirinya dalam beramal, kemudian diharapkan orang tersebut mendapatkan kedudukan yang tinggi di dunia dan Akherat.
Asy-Syaikh Al-Utsaimin mengatakan bahwa tadabbur merupakan perenungan terhadap lafal-lafal Al-Qur’an dengan maksud mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.
E.     Urgensi Tadabbur
Ibnul Qayyim mengatakan bahwa seorang hamba akan selamat di dunia dan akheiat apabila dia senantiasa mentadabburi, memperdalam pengamatan dan mencurahkan seluruh pikiran terhadap makna ayat-ayat Al-Qur’an. Hal ini akan memperlihatkan kepadanya petunjuk-petunjuk tentang kebaikan dan keburukan, serta akan menguatkan pondasi keimanan di dalam hatinya, sehingga hamba tersebut akan mendapatkan kehidupan yang membahagiakaN.[8]

F.     Tanda-Tanda Tadabbur
1.      Menyatukan hati dan pikiran ketika membaca Al-Qur’an.
2.      Menangis karena takut kepada Allah.
3.      Bertambahnya kekhusyu’an.
4.      Bertambahnya iman.
5.      Merasa bahagia dan gembira.
6.      Gemetar karena rasa takut kepada Allah, kemudian diikuti dengan pengharapan dan ketenangan.
7.      Bersujud sebagai bentuk pengagungan terhadap Allah.[9]

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
·         Tadabbur artinya: memikirkan, memahami, mempertimbangkan, merenung, memperhatikan dan seterusnya.
·         Membaca Al-Qur’an dengan tadabbur disuruh dan dianjurkan oleh Allah.
·         Tujuan Tadabbur adalah untuk mengetahui apa yang dikehendaki oleh Allah, dan pengamalan apa yang dikehendakiNya.
·         Ibnul Qayyim mengatakan bahwa seorang hamba akan selamat di dunia dan akheiat apabila dia senantiasa mentadabburi, memperdalam pengamatan dan mencurahkan seluruh pikiran terhadap makna ayat-ayat Al-Qur’a.
      Tanda-tanda tadabbur ialah  menyatukan hati dan pikiran ketika membaca Al-Qur’an, menangis karena takut kepada Allah, bertambahnya kekhusyu’an, bertambahnya iman, merasa bahagia dan gembira, gemetar karena rasa takut kepada Allah, kemudian diikuti dengan pengharapan dan ketenangan, bersujud sebagai bentuk pengagungan terhadap


DAFTAR PUSTAKA

Husin Naparin, nalar Al-Qur’an, (Jakarta selatan: el-kahfi), 2004.


Abdul Halim Mahmud, Bacalah Dengan Nama Tuhanmu, (Jakarta: Lentera), 1997

Abdullah, Tafsir Ibnu Katsir, jilid 7, (Bogor: pustaka imam asy-syafi’i), 2004. M.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, (Jakara: lentera hati), 2009.

Ibrahim ad-Daib, Proyek Anda Menjadi Pribadi Qur’ani, (Jakarta: Nakhlah Pustaka), 2007.


http://klikuk.com/sukses-tadabbur-al-quran/




[1] Husin Naparin,  Nalar Al-Qur’an, (Jakarta selatan: el-kahfi, 2004,),  h. 54
[3] Abdul Halim Mahmud, Bacalah Dengan Nama Tuhanmu, (Jakarta: Lentera, 1997),  h. 73-74
[4] Husin Napari, Op.cit , h. 54-55.
[5] Abdullah, tafsir ibnu katsir, jilid 7, (Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’I,  2004),  h. 413-414.
[6] M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, (Jakarta:  lentera hati, 2009),  h. 503-505.
[7] Ibrahim ad-Daib, Proyek Anda Menjadi Pribadi Qur’ani, (Jakarta: Nakhlah Pustaka, 2007), h. 160-161
[8] http://mahadulilmi.wordpress.com/2012/09/12/tujuan-tadabbur-dan-urgensinya/
[9] http://klikuk.com/sukses-tadabbur-al-quran/

No comments: